Konsep dan Desain Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Jabatan Fungsional Perekayasa
Keywords:
Konsep, desain, pembelajaran kurikulum serta kompetensi jabatan fungsional perekayasaAbstract
Konsep dan Desain Kurikulum Pelatihan Perekayasa disusun dengan tujuan menyediakan dokumen rencana pembelajaran sebagai acuan, arah, pedoman serta rambu-rambu pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang didemonstrasikan peserta didik dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang fokus pada kompetensi jabatan fungsional perekayasa. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sebagai lembaga pembina jabatan fungsional perekayasa melakukan penyempurnaan sistem pembinaan jabatan fungsional perekayasa melalui pengembangan kurikulum pelatihan komprehensif dan menyeluruh dengan memanfaatkan konsep Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan penekanan pada pengembangan kemampuan perekayasa dalam melakukan (kompetensi) tugas-tugas sesuai dengan standar performansi tertentu.
Konsep dan desain pengembangan kurikulum pembelajaran serta hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran sebelumnya dengan metodologi pembelajaran orang dewasa, ceramah, diskusi, simulasi dan lainnya pemanfaatan bantuan taxonomi bloomm dan kompetensi cognitif serta kompetensi afektif serta analisis evaluasi pembelajaran apakah dilaksanakan dengan test tulis atau tidak atau bahkan penilaian sikap. Kompetensi jabatan fungsional perekayasa baik kompetensi manajerial, kompetensi bidang maupun kompetensi socio-cultural dengan pendekatan pada program pelatihan jabatan fungsional perekayasa tingkat dasar dan program pelatihan jabatan fungsional perekayasa tingkat lanjutan diantaranya melalui menetapkan kompetensi kerja, merumuskan tujuan kurikuler umum dan tujuan kurikuler khusus, mengidentifikasi mata pelatihan yang umumnya serta mengidentifikasi materi, pokok dan sub pokok bahasan berupa topik esensial dari setiap mata pelatihan. Dan menyusun deskripsi singkat yang merupakan gambaran dan rangkuman keseluruhan tahapan diatas.
Downloads
References
Admin Padamu, (2017). Desain Pembelajaran
Model ADDIE.
https://www.padamu.net. Diakses
pada 07 November 2017, 13.15 WIB.
Arif Riska Nurcahyo.(2018). Implementasi Pengembagan Kurikulum. Universitas
Negeri Surabaya.
Cepi Safruddin Abd.Jabar.(2011). Desain
Kurikulum Pelatihan Berbasis
Kompetensi (Pengembangan Diklat
Sistemik Model ADDIE). Seminar
Penyusunan Draft Desain Kurikulum
Diklat Manajement Perkantoran.
Yogyakarta.
Chaeruman.(2008). Menngembangkan Sistem
Pembelajaran dengan Model ADDIE.
Jakarta: PT Remaja Rosdakarya
Departemen Pendidikan Nasional. (2003).
Kurikulum Berbasis Kompetensi.
Jakarta. Indonesia.
Dian M.K dan Mimi H.(2014): Penyusunan
Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan, Teknologi pembelajaran Pasca Sarjana
UNTIRTA.Serang, Banten, Indonesia
Dwi Rahdiyanta.(2009). Kurikulum
Berbasis Kompetensi (KBK)
(Pengertian dan Konsep KBK).
Seminar Nasional Implementasi KBK
di PT-UNY, Agustus 2003Wina
Sanjaya, Perencanaan dan Desain
Sistem Pembelajaran. Jakarta :
Kencana.
Ibrahim, Reyzal.(2011). Model
Pengembangan ADDIE diakses
melalui
http://jurnalpdf.info/pdf/model- pengembagnan-addie.html diakses tanggal 2 November 2017 pukul 03.16 WIB.
Nurmaya.(2015). Model Pembelajaran :
& Model Pembelajaran.
HTTPs://mayalink.wordpress.com/mo
del-pembelajaran-7-model
pembelajaran/diakses tanggal 17 November 2017
Peraturan Menteri PANRB Nomor 38
Tahun 2017 Tentang Standar
Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil
Negara. Jakarta
Peraturan Kepala Badan Kepegawaian
Negara Nomor 17 Tahun 2011
Tentang Pedoman Pelaksanaan
Analysis Kebutuhan Pendidikan dan
Pelatihan Teknis Manajemen Pegawai
Negeri Sipil. Jakarta.
PermenPAN Nomor 219/M- PAN/7/2008
tentang Butir kegiatan Perekayasa dan
angka kreditnya
Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 5 Tahun 2014 tentang
Aparatur Sipil Negara. Jakarta.
Widi Asih Dkk. (2017). Pengembangan
Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan
(Diklat) Berbasis Kompetensi Dalam
Membangun Profesionallisme Pegawai
Negeri Sipil (PNS). Surabaya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Silatene (Jurnal Sosial Humaniora)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.