Konsep dan Desain Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Jabatan Fungsional Perekayasa

Authors

  • Edy Syamsuddin Pusbindiklat, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Jakarta, Indonesia

Keywords:

Konsep, desain, pembelajaran kurikulum serta kompetensi jabatan fungsional perekayasa

Abstract

Konsep dan Desain Kurikulum Pelatihan Perekayasa disusun dengan tujuan menyediakan dokumen rencana pembelajaran sebagai acuan, arah, pedoman serta rambu-rambu pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang didemonstrasikan peserta didik dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang fokus pada kompetensi jabatan fungsional perekayasa. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sebagai lembaga pembina jabatan fungsional perekayasa melakukan penyempurnaan sistem pembinaan jabatan fungsional perekayasa melalui pengembangan kurikulum pelatihan komprehensif dan menyeluruh dengan memanfaatkan konsep Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan penekanan pada pengembangan kemampuan perekayasa dalam melakukan (kompetensi) tugas-tugas sesuai dengan standar performansi tertentu.

Konsep dan desain pengembangan kurikulum pembelajaran serta hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran sebelumnya dengan metodologi pembelajaran orang dewasa, ceramah, diskusi, simulasi dan lainnya pemanfaatan bantuan taxonomi bloomm dan kompetensi cognitif serta kompetensi afektif serta analisis evaluasi pembelajaran apakah dilaksanakan dengan test tulis atau tidak atau bahkan penilaian sikap. Kompetensi jabatan fungsional perekayasa baik kompetensi manajerial, kompetensi bidang maupun kompetensi socio-cultural dengan pendekatan pada program pelatihan jabatan fungsional perekayasa tingkat dasar dan program pelatihan jabatan fungsional perekayasa tingkat lanjutan diantaranya melalui menetapkan kompetensi kerja, merumuskan tujuan kurikuler umum dan tujuan kurikuler khusus, mengidentifikasi mata pelatihan yang umumnya serta mengidentifikasi materi, pokok dan sub pokok bahasan berupa topik esensial dari setiap mata pelatihan. Dan menyusun deskripsi singkat yang merupakan gambaran dan rangkuman keseluruhan tahapan diatas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admin Padamu, (2017). Desain Pembelajaran

Model ADDIE.

https://www.padamu.net. Diakses

pada 07 November 2017, 13.15 WIB.

Arif Riska Nurcahyo.(2018). Implementasi Pengembagan Kurikulum. Universitas

Negeri Surabaya.

Cepi Safruddin Abd.Jabar.(2011). Desain

Kurikulum Pelatihan Berbasis

Kompetensi (Pengembangan Diklat

Sistemik Model ADDIE). Seminar

Penyusunan Draft Desain Kurikulum

Diklat Manajement Perkantoran.

Yogyakarta.

Chaeruman.(2008). Menngembangkan Sistem

Pembelajaran dengan Model ADDIE.

Jakarta: PT Remaja Rosdakarya

Departemen Pendidikan Nasional. (2003).

Kurikulum Berbasis Kompetensi.

Jakarta. Indonesia.

Dian M.K dan Mimi H.(2014): Penyusunan

Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan, Teknologi pembelajaran Pasca Sarjana

UNTIRTA.Serang, Banten, Indonesia

Dwi Rahdiyanta.(2009). Kurikulum

Berbasis Kompetensi (KBK)

(Pengertian dan Konsep KBK).

Seminar Nasional Implementasi KBK

di PT-UNY, Agustus 2003Wina

Sanjaya, Perencanaan dan Desain

Sistem Pembelajaran. Jakarta :

Kencana.

Ibrahim, Reyzal.(2011). Model

Pengembangan ADDIE diakses

melalui

http://jurnalpdf.info/pdf/model- pengembagnan-addie.html diakses tanggal 2 November 2017 pukul 03.16 WIB.

Nurmaya.(2015). Model Pembelajaran :

& Model Pembelajaran.

HTTPs://mayalink.wordpress.com/mo

del-pembelajaran-7-model

pembelajaran/diakses tanggal 17 November 2017

Peraturan Menteri PANRB Nomor 38

Tahun 2017 Tentang Standar

Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil

Negara. Jakarta

Peraturan Kepala Badan Kepegawaian

Negara Nomor 17 Tahun 2011

Tentang Pedoman Pelaksanaan

Analysis Kebutuhan Pendidikan dan

Pelatihan Teknis Manajemen Pegawai

Negeri Sipil. Jakarta.

PermenPAN Nomor 219/M- PAN/7/2008

tentang Butir kegiatan Perekayasa dan

angka kreditnya

Undang-Undang Republik Indonesia

Nomor 5 Tahun 2014 tentang

Aparatur Sipil Negara. Jakarta.

Widi Asih Dkk. (2017). Pengembangan

Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan

(Diklat) Berbasis Kompetensi Dalam

Membangun Profesionallisme Pegawai

Negeri Sipil (PNS). Surabaya

Downloads

Published

2021-04-20

How to Cite

Syamsuddin, E. . (2021). Konsep dan Desain Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Jabatan Fungsional Perekayasa. Jurnal Silatene (Jurnal Sosial Humaniora), 1(1), 11-22. Retrieved from https://unpkdr.ac.id/index.php/s/article/view/7

Issue

Section

Articles